HAL-HAL YANG DAPAT DILAKUKAN SEORANG MANAGER UNTUK MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH PANDEMI COVID19

HAL-HAL YANG DAPAT DILAKUKAN SEORANG MANAGER UNTUK MEMPERTAHANKAN USAHANYA DI TENGAH PANDEMI COVID19

 


 

Assalamualaikum Wr. Wb

Halooo saya mau berbagi tips apa yang akan dilakukan seorang manager untuk mempertahankan usahanya di tengah pandemic yang terjadi saat ini.

Haal- hal yang harus di perhatikan oleh sorang manager antara lain :

 

1.       Membentuk Tim Khusus Manajemen Krisis

 


 

Anggota Tim ini di dominasi para manajer senior dari masing-masing divisi penting, seperti HR, keamanan, hukum, dan compliance.dan menambahkan anggota dari divisi lain seperti IT, keuangan, operasional, gudang, serta perwakilan regional.

Tim manajemen krisis akan memiliki wewenang untuk mengambil kebijakan dan tindakan cepat dalam menghadapi situasi tertentu seperti covid 19 yang terjadi saat ini. 

 

2.       Merencanakan Komunikasi Internal dan Eksternal

 


 

Mulai  mengidentifikasi stakeholder , baik itu karyawan, pelanggan, partner bisnis, pemasok, pemegang saham, atau lainnya. Selanjutnya siapkan pesan apa yang ingin disampaikan kepada mereka, dalam bentuk seperti apa, dan seberapa sering.

Komunikasi harus masuk akal bagi semua stakeholder. Pastikan tidak ada pesan yang bertolak belakang satu sama lain, terutama antara pesan internal dan eksternal.

 

3.       Menyusun kebijakan baru untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh Covid-19 :

 


 

o    mengijinkan para pekerjanya tidak berangkat ke kantor dan tinggal di rumah apabila sakit.

Bahkan apabila karyawan diketahui baru memiliki gejala berupa batuk dan sesak napas, akan  merekomendasikan karyawan tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan.

o    Dan karyawan yang sakit tersebut tugasnya akan di delegasikan oleh atasan kepada karyawan yang lain.

o    memberikan arahan kepada para supervisor perusahaan untuk tidak bereaksi berlebihan terhadap situasi tempat kerja yang berpotensi terjangkit COVID-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepanikan di antara karyawan lainnya.

 

4.        Memanfaatkan media sosial sebagai channel utama pemasaran




Di tengah kondisi ini, masyarakat diimbau mengurangi tatap muka dan keluar rumah, media sosial dapat menjadi salah satu cara dalam mempromosikan produk atau usaha

 

5.       Memastikan cashflow terjaga dengan sehat

 



 

Arus kas menjadi unsur paling penting dalam bisnis sehingga saya harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. Dengan situasi seperti ini,  ada yang menjadi penghambat dalam melakukan penagihan dan pembayaran kepada mitra usaha karena biasa dilakukan manual /tatap muka. Software akuntansi online seperti Jurnal bisa membantu usaha membuat dokumen penagihan dan pembayaran dengan mudah.

Faktur (invoice) dapat dikirim atau diterima otomatis melalui e-mail sebagai pemberitahuan resmi kepada mitra usaha untuk melakukan transaksi tanpa perlu bertemu pelanggan secara fisik. Fitur Jurnal Pay juga memudahkan pemilik usaha menerima pembayaran dari pelanggan. Jurnal Pay tersedia untuk pembayaran Virtual Account (bank transfer) dan Kartu Kredit dengan biaya minimal dan sekali pengaturan. Tidak hanya itu, pencatatan pembukuan terhadap pembayaran yang telah diterima akan dilakukan otomatis oleh sistem secara instan.

 

6.        Rencanakan ulang pendapatan dan pangkas anggaran biaya

 




Melihat kembali rencana anggaran biaya menjadi hal yang krusial di masa ini. Saya harus dapat memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget dengan kondisi saat ini untuk mengupayakan usaha tetap berjalan dengan risiko yang dapat diantisipasi. Fitur Budgeting yang ada di Jurnal akan membantu Saya membuat pos anggaran pemasukan dan pengeluaran sebagai acuan saat mendata realisasi penjualan dan pengeluaran operasional sehingga margin keuntungan dapat terkontrol.

Sementara melalui fitur Laporan Laba Rugi, saya dapat menganalisis laporan pendapatan dan biaya sehingga ke depannya akan memudahkan dalam mengambil keputusan atas pos-pos yang biayanya besar dan perlu dikontrol pengeluarannya.

 

7.       Mengurangi jumlah karyawan dengan cara PHK

 


 

Ini merupakan rencana terakhir yang bisa saya lakukan untuk mempertahankan usaha saya di tengah pandemi ini. Setelah melakukan berbagai hal yang saya rencanakan di atas tapi tidak menunjukan hasil yang signifikan membaik terlebih lagi melihat laporan keuangan yang memburuk dan perusahaan terancam pailit, mau tidak mau saya harus memilih opsi PHK untuk karyawan saya tapi dengan catatan tetap di berikan kompensasi.

Jika situasi sudah membaik saya akan memanggil kembali karyawan yang di PHK tersebut untuk bekerja lagi dengan catatan karyawan tersebut masih memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan.

 

Sekian tips dari saya, mohon maaf apabila banyak kesalahan J

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 


Comments

Popular posts from this blog

review acnes facial creamy wash

review handbody marina

soal ulangan SD Kelas 1